Monday, February 21, 2011

Kopi Luwak di Lampung

Kopi Luwak di Lampung Tembus Rp600 Ribu/Kg

Nusantara / Rabu, 12 Mei 2010 12:15 WIB
Metrotvnews.com, Bandarlampung:  Harga kopi bubuk luwak (musang) robusta di Lampung cukup mahal bisa menembus Rp600.000/kg. Bahkan harganya bisa meningkat bila di pasarkan ke daerah lain.

"Harga kopi hasil fermentasi itu cukup mahal dan pembelinya merupakan pedagang besar (eksportir) yang akan di jual kepada penikmat kopi baik di dalam maupun luar negeri," kata pemilik peternakan luwak di Way Mengaku, Kabupaten Lampung Barat, Sukardi, Rabu (12/5).

Ia menyebutkan, untuk harga gelondongan biji kopi luwak antara Rp200.000-Rp300.000/kg, sedang biji kopi keringnya mencapai Rp400.000-Rp500.000/kg. Harga kopi itu katanya bertambah mahal setelah menjadi kopi bubuk yang mencapai Rp600.000/kg. Bahkan dapat menembus Rp1 juta/kg bila di pasarkan ke luar daerah.

Sukardi menjelaskan, Lampung Barat meruapakan salah satu daerah penghasil kopi luwak karena daerah itu merupakan sentra kopi robusta terbesar. Menurut dia, budidaya kopi luwak menguntungkan karena binatang ini mampu menghasilkan kopi luwak dengan nilai tinggi dan digemari oleh para pembeli yang datang dari berbagai tempat.

Saat ini, menurut dia, banyak masyarakat baik sendiri-sendiri maupun yang tergabung dalam kelompok yang membudidayakan kopi luwak karena dapat menghasilkan kopi bercitrarasa tinggi. "Selain bercita rasa tinggi, harganya pun cukup mahal," katanya. 

Rata-rata petani mampu menghasilkan kopi luwak sekitar 30-70 kg/panen, dengan penghasilan mencapai Rp15 juta. Di daerah ini tercatat sekitar 15 peternak yang menggalakkan kopi luwak ini.

Luwak mampu menghabiskan tujuh kilogram kopi segar dalam satu malam dan dari tujuh kilogram tersebut, hanya sekitar tiga kilogram yang dimakan oleh luwak karena hanya memakan jenis kopi bermutu. Dari tiga kilogram tersebut bila sudah dikeringkan hanya menjadi tiga ons.

Ia menjelaskan, budidaya kopi luwak juga cukup mahal karena harga binatang itu untuk ukuran dewasa bisa mencapai Rp500 ribu/ekor. Karena itu, ia mengharapkan peran pemerintah daerah dapat memberikan permodalan dan membina para petani kopi luwak. (Ant/ICH)
sumber :
http://www.metrotvnews.com/index.php/metromain/news/2010/05/12/17612/Kopi-Luwak-di-Lampung-Tembus-Rp600-Ribu/Kg-/

0 comments:

Post a Comment